-->
rpp kurikulum 2013 revisi

Jenis- Jenis dan Besaran Angka Kredit Dalam Publikasi Ilmiah Berupa Hasil Penelitian atau Gagasan Ilmu Bidang Pendidikan Formal,

Karya tulis ilmiah guru dapat dipublikasikan dalam bentuk laporan hasil penelitian (misalnya laporan Penelitian Tindakan Kelas) atau berupa ilmiah yang ditulis berdasar pada pengalaman dan sesuai dengan tugas pokok serta fungsi guru. 

Publikasi karya tulis ilmiah guru di atas, terdiri dari empat kelompok, yakni:
  1. Laporan hasil penelitian. 
  2. Tinjauan ilmiah. 
  3. Tulisan ilmiah popular.
  4. Artikel ilmiah. 
Uraian dari masing-masing kegiatan di atas, adalah sebagai berikut. 

1. Laporan Hasil Penelitian 
Laporan hasil penelitian adalah karya tulis ilmiah berisi laporan hasil penelitian yang dilakukan guru pada bidang pendidikan yang telah dilaksanakan guru di sekolah/madrasahnya dan sesuai dengan tupoksinya, antara lain dapat berupa laporan Penelitian Tindakan Kelas.  Laporan hasil penelitian tersebut, dibedakan berdasarkan pada jenis publikasinya sebagai berikut. 
  • Laporan hasil penelitian yang diterbitkan/ dipublikasikan dalam bentuk buku ber-ISBN dan  telah mendapat pengakuan BSNP.
  • Laporan hasil penelitian yang disusun menjadi artikel  ilmiah diterbitkan/ dipublikasikan dalam majalah ilmiah/jurnal ilmiah diedarkan secara nasional dan terakreditasi. 
  • Laporan hasil penelitian yang disusun menjadi artikel ilmiah diterbitkan/ dipublikasikan dalam majalah/jurnal ilmiah tingkat provinsi 
  • Laporan hasil penelitian yang disusun menjadi artikel ilmiah diterbitkan/ dipublikasikan dalam majalah/jurnal ilmiah tingkat kabupaten/kota. 
  • Laporan hasil penelitian yang diseminarkan di sekolah/madrasahnya dan disimpan di perpustakaan.
Kerangka isi 
Bila laporan hasil penelitian tersebut dimuat di buku  atau jurnal, pada umumnya kerangka isi laporan mengikutipersyaratan yang berlaku dalam penulisan buku atau jurnal.  Untuk laporan hasil penelitian yang disajikan dalam bentuk makalah, pada umumnya kerangka isi atau  format laporan hasil penelitian terdiri dari bagian awal, bagian isi dan bagian penunjang. 
Bagian Awal:
Terdiri dari halaman judul; lembaran persetujuan; kata pengantar; daftar isi, daftar label, daftar gambar, dan lampiran; serta abstrak atau ringkasan. 
Bagian Isi:
Umumnya terdiri dari beberapa bab yakni:
  • Bab Pendahuluan yang menjelaskan tentang Latar Belakang Masalah, Perumusan Masalah, Tujuan, dan Kemanfaatan Hasil Penelitian; 
  • Bab Kajian/Tinjauan Pustaka; 
  • Bab Metode Penelitian; 
  • Bab Hasil dan Diskusi Hasil Kajian, serta
  • Bab Kesimpulan dan Saran. 
Bagian Penunjang
Memuat daftar pustaka dan lampiran-lampiran (seperti instrumen yang digunakan, contoh hasil kerja siswa, contoh isian instrumen, foto-foto kegiatan, surat ijin penelitian, rencana pembelajaran, dan dokumen pelaksanaan penelitian lain yang menunjang keaslian penelitian tersebut). 

Bukti Fisik dan Angka Kreditnya.
Bukti fisik yang diperlukan untuk penilaian angka  kredit adalah sebagai berikut. 
  • Buku asli atau fotokopi yang dengan jelas menunjukkan keterangan nama penerbit, tahun terbitan, serta nomor ISBN. Bila buku tersebut telah  diedarkan secara nasional, harus disertakan  pernyataan dari penerbit yang menerangkan bahwa buku tersebut telah beredar secara nasional. Bila buku tersebut telah lulus penilaian dari BSNP (Badan Standar Nasional Pendidikan) Kementerian Pendidikan Nasional, maka harus ada keterangan yang jelas tentang persetujuan atau pengesahan dari BSNP tersebut, yang umumnya berupa tanda persetujuan/ pengesahan yang tercetak di sampul buku. 
  • Majalah/jurnal ilmiah asli atau fotokopi yang menunjukkan adanya nomor ISSN, tanggal terbitan, susunan dewan redaksi dan editor (mitra bestari). Bila jurnal tersebut dinyatakan telah terakreditasi, harus disertai dengan keterangan akreditasi untuk tingkat nasional. Bila dinyatakan jurnal tersebut diterbitkan di  tingkat provinsi atau kabupaten/kota harus disertai keterangan yang jelas tentang tingkat penerbitan jurnal tersebut. Bila satu artikel ilmiah yang sama (atau sangat mirip) dimuat di beberapa majalah/jurnal ilmiah, maka angka kredit untuk artikel tersebut hanya diberikan pada salah satu majalah/jurnal ilmiah dan dipilih angka kredit yang terbesar. 
  • Makalah laporan hasil penelitian yang dilengkapi  dengan berita acara yang membuktikan bahwa hasil penelitian tersebut telah diseminarkan di sekolah/madrasahnya. Berita acara tersebut paling tidak berisi keterangan tentang waktu, tempat, peserta, notulen seminar, dan dilengkapi dengan daftar hadir peserta. Berita acara  ditandatangan oleh panitia seminar dan kepala sekolah/madrasah. Seminar dilaksanakan di sekolah/ madrasah penulis, dengan peserta minimal 15 orang guru yang berasal dari minimal 3 sekolah/ madrasah yang setingkat. 
Semua bukti fisik di atas memerlukan surat pernyataan  disertai tanda keaslian dari kepala sekolah/madrasah yang tangan kepala sekolah/madrasah dan cap sekolah/madrasah bersangkutan.  Juga harus disertakan surat keterangan dari perpustakaan sekolah/madrasah yang menyatakan  bahwa arsip dari buku/jurnal/makalah tersebut telah disimpan di perpustakaan sekolah/madrasahnya. 

Besar angka kredit untuk karya tulis hasil penelitian pada bidang pendidikan di sekolah/madrasahnya, dapat dipublikasikan dalam berbagai bentuk, dengan perolehan angka kredit sebagai berikut. 
Besar angka kredit untuk karya tulis hasil penelitian pada bidang pendidikan di sekolah

2. Makalah Berupa Tinjauan Ilmiah di Bidang Pendidikan Formal dan Pembelajaran 
Makalah tinjuan ilmiah adalah karya tulis guru yang  berisi ide/gagasan penulis dalam upaya mengatasi berbagai masalah pendidikan formal dan pembelajaran yang ada di satuan pendidikannya (di sekolah/madrasahnya). 
Kerangka Isi 
Bagian Awal 
Terdiri dari halaman judul; lembaran persetujuan; kata pengantar; daftar isi, daftar label, daftar gambar, dan lampiran; serta abstrak atau ringkasan. 
Bagian Isi
Umumnya terdiri dari beberapa bab, yakni:
  • Bab Pendahuluan yang menjelaskan tentang Latar Belakang Masalah, Perumusan Masalah, Tujuan, dan Manfaat. 
  • Bab Kajian/Tinjauan Pustaka. 
  • Bab Pembahasan Masalah yang didukung data  berasal dari satuan pendidikannya.  Yang harus disajikan pada bab ini adalah kejelasan ide atau gagasan asli penulis yang terkait dengan upaya pemecahan masalah di satuan pendidikannya (di sekolah/madrasahnya). 
  • Bab Kesimpulan.
Bagian Penunjang: 
Memuat daftar pustaka dan lampiran data yang  digunakan dalam melakukan tinjauan atau gagasan ilmiah. 
Bukti Fisik dan Angka Kreditnya 
Bukti fisik yang diperlukan untuk penilaian angka kredit berupa, makalah asli atau fotokopi dengan surat pernyataan tentang keaslian dari kepala sekolah/ madrasah disertai dengan tanda tangan dari kepala  sekolah/madrasah dan cap sekolah/madrasah bersangkutan, serta didukung oleh surat keterangan dari kepala perpustakaan sekolah/madrasah yang menyatakan bahwa arsip dari buku/jurnal/makalah tersebut telah disimpan di perpustakaan sekolah/ madrasahnya. 
Besaran angka kredit makalah tinjauan ilmiah di bidang berikut. 
Besaran angka kredit makalah tinjauan ilmiah
3. Tulisan Ilmiah Populer 
Karya ilmiah populer adalah tulisan yang dipublikasikan di media massa (koran, majalah, atau sejenisnya). Karya ilmiah populer dalam kaitan dengan upaya pengembangan profesi ini merupakan kelompok tulisan yang lebih banyak mengandung isi pengetahuan, berupa ide, atau gagasan pengalaman penulis yang menyangkut bidang pendidikan pada satuan pendidikan penulis bersangkutan. 
Kerangka Isi
Sedangkan kerangka isinya disesuaikan dengan  persyaratan atau kelaziman dari media massa yang akan  mempublikasikan tulisan tersebut.
Bukti Fisik dan Besaran Angka Kredit
Berupa guntingan (kliping) tulisan dari media massa  yang memuat karya ilmiah penulis, dengan pengesahan  dari kepala sekolah/madrasah. Pada guntingan media massa tersebut harus jelas nama media massa serta tanggal terbitnya. 

Bila berupa fotokopi harus ada surat pernyataan dari kepala sekolah/madrasah yang menyatakan keaslian karya ilmiah populer yang dimuat di media massa tersebut.  Besaran angka kredit tulisan ilmiah populer sebagai berikut.
Besaran angka kredit tulisan ilmiah populer
4. Artikel Ilmiah dalam Bidang Pendidikan 
Artikel ilmiah dalam bidang pendidikan adalah  tulisan yang berisi gagasan atau tinjauan ilmiah dalam bidang pendidikan formal dan pembelajaran di satuan pendidikan yang dimuat di jurnal ilmiah. 
Kerangka Isi
Artikel ilmiah di bidang pendidikan umumnya  mengikuti aturan dari jurnal yang akan memuat artikel ilmiah dimaksud dan setidak-tidaknya berisi: 
  • pendahuluan, yang menguraikan tentang latar  belakang masalah, rumusan masalah, tujuan, dan manfaat; 
  • kajian teori, yang menguraikan tentang teori-teori yang relevan; 
  • pembahasan, yang mengemukakan tentang gagasan/ide penulis dalam upaya memecahkan masalah yang berkaitan dengan bidang pendidikan dan pembelajaran di sekolah/ madrasahnya. Pembahasan tersebut didukung oleh teori dan data yang relevan; dan 
  • Kesimpulan.
Bukti Fisik dan Besaran Angka Kredit 
Bukti fisik yang diperlukan untuk penilaian angka kredit adalah sebagai berikut. Jurnal ilmiah asli atau fotokopi yang menunjukkan adanya nomor ISSN, surat keterangan akreditasi untuk tingkat nasional, (atau surat keterangan bahwa jurnal tersebut adalah tingkat nasional tetapi tidak terakreditasi), surat keterangan bila jurnal tersebut diterbitkan di tingkat provinsi atau kabupaten/kota, atau tingkat lokal (kabupaten/ kota/sekolah/madrasah) 

Bila satu artikel ilmiah yang sama dimuat di beberapa majalah/jurnal ilmiah, maka yang dapat dinilai hanya  satu dan dipilih artikel yang berpeluang angka kreditnya terbesar. 

Semua bukti fisik di atas memerlukan surat pernyataan keaslian dari kepala sekolah/madrasah yang disertai tanda tangan kepala sekolah/ madrasah dan cap sekolah/madrasah bersangkutan.  Besaran angka kredit artikel ilmiah dalam bidang pendidikan sebagai berikut

Besaran angka kredit artikel ilmiah dalam bidang pendidikan
Besaran angka kredit artikel ilmiah dalam bidang pendidikan

Persyaratan Laporan Kegiatan PKB Untuk Memperoleh Penetapan Angka kredit Disajikan Dalam Bentuk Tertulis, Berupa Karya Tulis Ilmiah (KTI)
Ragam Jenis Publikasi Ilmiah/Karya Inovatif yang Dapat Dinilai Dalam PKG Untuk Kenaikan Pangkat/Golongan Guru
Jumlah Angka Kredit Yang Diperlukan untuk Memenuhi Persyaratan Kenaikan Pangkat Untuk Setiap Jabatan Guru
Sekian dan terima kasih semoga bermanfaat!!!