Silabus berisikan komponen pokok yang dapat menjawab pertanyaan berikut.: Kompetensi yang akan ditanamkan kepada peserta didik melalui suatu kegiatan pembelajaran kegiatan yang harus dilakukan untuk menanamkan / membentuk kompetensi tersebut upaya yang harus dilakukan untuk mengetahui bahwa kompetensi tersebut sudah dimiliki peserta didik Silabus bermanfaat sebagai pedoman sumber pokok dalam pengembangan pembelajaran lebih lanjut, mulai dari pembuatan rencana pembelajaran, pengelolaan kegiatan pembelajaran, dan pengembangan sistem penilaian.
Berikut kami lampirkan beberapa CONTOH KIKD BIOLOGI KELAS 10 untuk sekolah menengah pertama menurut PERMENDIKBUD TAHUN 2016 NO 024
Tujuan kurikulum mencakup empat kompetensi, yaitu
(1) kompetensi sikap spiritual,
(2) sikap sosial,
(3) pengetahuan, dan
(4) keterampilan. Kompetensi
tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler,
dan/atau ekstrakurikuler.
Rumusan Kompetensi Sikap Spiritual yaitu “Menghargai dan menghayati
ajaran agama yang dianutnya”. Adapun rumusan Kompetensi Sikap Sosial
yaitu “Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi,
gotong royong), santun, dan percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif
dengan lingkungan social dan alam dalam jangkauan pergaulan dan
keberadaannya”. Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran
tidak langsung (indirect teaching), yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya
sekolah dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan
dan kondisi peserta didik.
SILAHKAN DOWNLOAD KIKD BIOLOGI x menurut permendikbud NO 024
Berikut kami lampirkan beberapa CONTOH KIKD BIOLOGI KELAS 10 untuk sekolah menengah pertama menurut PERMENDIKBUD TAHUN 2016 NO 024
Tujuan kurikulum mencakup empat kompetensi, yaitu
(1) kompetensi sikap spiritual,
(2) sikap sosial,
(3) pengetahuan, dan
(4) keterampilan. Kompetensi
tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler,
dan/atau ekstrakurikuler.
Rumusan Kompetensi Sikap Spiritual yaitu “Menghargai dan menghayati
ajaran agama yang dianutnya”. Adapun rumusan Kompetensi Sikap Sosial
yaitu “Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi,
gotong royong), santun, dan percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif
dengan lingkungan social dan alam dalam jangkauan pergaulan dan
keberadaannya”. Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran
tidak langsung (indirect teaching), yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya
sekolah dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan
dan kondisi peserta didik.
SILAHKAN DOWNLOAD KIKD BIOLOGI x menurut permendikbud NO 024
Menjelaskan komponen kimiawi penyusun sel, struktur, fungsi, dan proses yang berlangsung dalam sel sebagai unit terkecil kehidupan Menyajikan hasil pengamatan mikroskopik struktur sel hewan dan sel tumbuhan sebagai unit terkecil
kehidupan Mengana lisis berbagai bioproses dalam sel yang meliputi mekanis metranspor membran, reproduksi, dan sistesis protein
kehidupan Mengana lisis berbagai bioproses dalam sel yang meliputi mekanis metranspor membran, reproduksi, dan sistesis protein
Membuat model ten tang bioproses yang terjadi dalam sel berdasarkan studi literature dan percobaan
- BAHAN AJR PPT K13 REVISI 2017
- RPP ABAD 21
- Download
RPP Teknik Instalasi Tenaga Listrik SMK Kelas 11 Kurikulum 2013Terintegrasi Keterampilan Abad 21, Literasi, PPK, dan HOTS Revisi 2017
Download RPP Teknik Instalasi Tenaga Listrik SMK Kelas 12 Kurikulum 2013 Terintegrasi Keterampilan Abad 21, Literasi, PPK, dan HOTS Revisi 2017
Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut. Prinsip Pengembangan Silabus, Dalam pengembangan Silabus, terdiri dari beberapa prinsip, di antaranya :
Ilmiah . Keseluruhan materi dan kegiatan yang menjadi muatan dalam silabus harus benar dan dapat dipertanggungjawabkan secara keilmuan.
Relevan. Cakupan, kedalaman, tingkat kesukaran dan urutan penyajian materi dalam silabus sesuai dengan tingkat perkembangan fisik, intelektual, sosial, emosional, dan spritual peserta didik.
Sistematis. Komponen-komponen silabus saling berhubungan secara fungsional dalam mencapai kompetensi.
Konsisten. Adanya hubungan yang konsisten antara kompetensi dasar, indikator, materi pokok, pengalaman belajar, sumber belajar, dan sistem penilaian.
Memadai. Cakupan indikator, materi pokok, pengalaman belajar, sumber belajar, dan sistem penilaian cukup untuk menunjang pencapaian kompetensi dasar.
Aktual dan Kontekstual. Cakupan indikator, materi pokok, pengalaman belajar, sumber belajar, dan sistem penilaian memperhatikan perkembangan ilmu, teknologi, dan seni mutakhir dalam kehidupan nyata, dan peristiwa yang terjadi.
Fleksibel. Keseluruhan komponen silabus dapat mengakomodasi keragaman peserta didik, pendidik, serta dinamika perubahan yang terjadi di sekolah dan tuntutan masyarakat. Menyeluruh. Komponen silabus mencakup keseluruhan ranah kompetensi (kognitif, afektif, psikomotor).
Adapun informasi tentang produk rpp dan silabus terbaru untuk semua mata pelajaran :
RPP DAN SILABUS SD K13 REVISI 2017
RPP DAN SILABUS SMP K13 REVISI 2017
RPP DAN SILABUS MTS K13 REVISI 2017
RPP DAN SILABUS SMA K13 REVISI 2017
RPP DAN SILABUS MA K13 REVISI 2017 RPP DAN SILABUS SMK K13 REVISI 2017
RPP DAN SILABUS MAK K13 REVISI 2017
Demikian informasi yang dapat kami sampaikan mudah mudahan dapat membantu dan bermanfaat, untuk info detai tentang produk apa saja yang kami sediakan silahkan kunjungi www.divapendidikan.com teriama kasih. baca juga artikel lainnya ,,,,,,,,