-->
rpp kurikulum 2013 revisi

DOWNLOAD Modul FISIKA Pelatihan Implementasi Kurikulum 2013 SMA Tahun 2018

Fisika merupakan bagian dari Ilmu Alam yang merupakan usaha sistematis
dalam rangka membangun dan mengorganisasikan pengetahuan dalam bentuk
penjelasan-penjelasan yang dapat diuji dan mampu memprediksi gejala alam.
Fisika memiliki karakteristik antara lain: 

  • proses memperoleh informasi melalui metode empiris; 
  • informasi yang diperoleh melalui penyelidikan secara logis dan sistematis; dan 
  • melalui kombinasi proses berpikir kritis untuk menghasilkan informasi yang dapat dipercaya dan valid. 
Pembelajaran Fisika sebagai proses/metode ilmiah meliputi cara berpikir, sikap, dan langkah langkah

kegiatan saintis untuk memperoleh produk-produk ilmu pengetahuan ilmiah. 
Sikap ilmiah yang dikembangkan dalam Fisika antara lain: rasa ingin tahu,
keseimbangan antara keterbukaan dan skeptis, jujur, disiplin, tanggung jawab,
tekun, hati-hati, teliti, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun,
responsif dan pro-aktif.

Untuk lebih memahami modul ini, Anda sangat dianjurkan untuk membaca Peraturan
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan yang berkaitan dengan Kurikulum 2013, serta
lampiran-lampirannya.
Selain itu Anda dianjurkan juga untuk memahami buku teks Pendidikan Agama Islam dan
Budi Pekerti, Panduan Penguatan Pendidikan Karakter dan naskah-naskah yang
diterbitkan oleh Direktorat Pembinaan SMA,  antara lain sebagai berikut.

1. Panduan Penyusunan RPP
2. Analisis Kompetensi
3. Model-Model Pembelajaran
4. Panduan Muatan Lokal
5. Panduan Penilaian
6. Implementasi Abad 21 dalam Pembelajaran Kurikulum 2013 


C. TUJUAN  

Modul Pelatihan ini bertujuan untuk:
  • 1. Mengembangkan keterampilan guru dalam menyiapkan perangkat pembelajaran yang menguatan karakter peserta didik, kemampuan berliterasi, serta pengembangan keterampilan Abad 21 sesuai dengan Kurikulum 2013. 
  • Mengembangkan kemampuan guru dalam memfasilitasi pelaksanaan pembelajaran dan penilaian yang menguatan karakter peserta didik, kemampuan berliterasi, HOTS, serta pengembangan keterampilan Abad 21 sesuai dengan Kurikulum 2013. 
  • Meningkatkan kecakapan guru dalam mengembangkan program/aktivitas pembelajaran dengan mensinergikan tiga pusat pendidikan dan tiga jalur pendidikan (menggali dan memanfaatkan sumber-sumber belajar yang ada di sekitarnya) untuk pembelajaran Fisika.

 D. HASIL YANG DIHARAPKAN 

Hasil yang diharapkan dari pelatihan ini adalah:
  • Guru Fisika yang memiliki keterampilan dalam menyiapkan perangkat pembelajaran yang menguatkan karakter peserta didik, kemampuan berliterasi, serta pengembangan keterampilan Abad 21 sesuai dengan Kurikulum 2013. 
  • Guru Fisika yang mampu memfasiltasi pembelajaran dan penilaian yang menguatan karakter siswa, kemampuan berliterasi, HOTS, serta pengembangan keterampilan Abad 21 sesuai dengan Kurikulum 2013. 
  • Guru Fisika yang memiliki kecakapan dalam mengembangkan program/aktivitas pembelajaran yang mensinergikan tiga pusat pendidikan dan tiga jalur pendidikan (menggali dan memanfaatkan sumber-sumber belajar yang ada di sekitarnya) untuk pembelajaran Fisika.  Agar penggunaan modul ini dapat mencapai hasil yang baik, terlebih dahulu baca dan

ikuti petunjuk berikut ini. 
  • Persiapkan alat tulis dan kertas untuk membuat catatan-catatan.
  • Gunakan waktu sefesien mungkin (52 jam pelajaran @ 45 menit).
  • Silahkan berdiskusi dengan sesama guru, forum MGMP, atau forum komunitas yang relevan. 

URAIAN SINGKAT MATERI 
1. Keterkaitan antara SKL, KI-KD, dan Silabus 

Standar  Kompetensi  Lulusan  adalah  kriteria mengenai  kualifikasi  kemampuan 
lulusan  yang mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan. 

Kompetensi  Inti  merupakan  tingkat  kemampuan untuk  mencapai  Standar 
Kompetensi  Lulusan yang  harus  dimiliki  seorang  peserta  didik  pada setiap  tingkat 
kelas  atau  program  yang  menjadi landasan pengembangan Kompetensi Dasar (KD). 
Kompetensi  Inti  mencakup:  sikap  spiritual,  sikap  sosial, pengetahuan,  dan 
keterampilan  yang  berfungsi sebagai pengintegrasi muatan  pembelajaran, mata
pelajaran  atau  program  dalam  mencapai  Standar Kompetensi Lulusan. 

Kompetensi  Dasar  adalah  kemampuan  untuk mencapai  Kompetensi  Inti  yang  harus 
diperoleh peserta didik melalui pembelajaran. Dalam setiap rumusan KD terdapat unsur
kemampuan berpikir yang dinyatakan dalam kata kerja operasional dan materi.  

Contoh: 
KD 3.3   Menerapkan prinsip penjumlahan vektor sebidang (misalnya perpindahan).
KD 4.3 Merancang percobaan untuk menentukan resultan vektor sebidang (misalnya 



perpindahan) beserta presentasi hasil dan makna fisisnya. 
Pada KD 3.3 terdapat kata kerja menerapkan dan pada KD 4.3 terdapat kata kerja
merancang dan menentukan.  Adapun materi pada KD 3.3 adalah penjumlahan vektor
dan materi pada 4.3 adalah resultan vektor.
  
Demikian informasi yang da[at kami sampaikan mudah mudahan dapat membantu dan memberikan manfaat, untuk kita semua, adapun untuk info detail produk rpp k13 revisi terbaru silahkan kunjungi website resmi kami di www.divapendidikan.com terima kasih.