-->
rpp kurikulum 2013 revisi

DOWNLOAD MODUL BAHASA DAN SASTRA MANDARIN SERTA IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 SMA TAHUN 2018

Pengembangan Materi Pembelajaran
Setelah merinci aspek kemampuan berpikir pada KD dari KI-3 dan KD dari KI-4, maka Anda harus mengembangkan materi pokok  yang terurai dalam IPK yang telah ditentukan pada Unit 1. Contoh : Berdasarkan IPK yang dijabarkan dari KD 3.2 pada Unit 1, dapat diidentifikasi materi pokoknya adalah teks interaksi transaksional lisan dan tulisan tentang Identitas Diri.

Pengembangan materi pembelajaran secara rinci disesuaikan dengan
karakterististik kompetensi atau kemampuan berpikir yang diharapkan dikuasai
peserta didik, termasuk didalamnya kemampuan literasi dan penguatan nilai-nilai
karakter, serta keterampilan Abad 21. Oleh sebab itu, maka guru perlu
memperhatikan “bahan dasar” atau kompetensi awal sebagai tahapan berpikir yang
telah dipelajari peserta didik sebelumnya, baik di SMA maupun di SMP.    

Pengembangan Materi Pembelajaran
Setelah merinci aspek kemampuan berpikir pada KD dari KI-3 dan KD dari KI-4,
maka Anda harus mengembangkan materi pokok  yang terurai dalam IPK yang
telah ditentukan pada Unit 1.
Contoh : Berdasarkan IPK yang dijabarkan dari KD 3.2 pada Unit 1, dapat diidentifikasi
materi pokoknya adalah teks interaksi transaksional lisan dan tulisan tentang
Identitas Diri.
DOWNLOAD MODUL BAHASA DAN SASTRA MANDARIN SERTA IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 SMA TAHUN 2018

Pengembangan materi pembelajaran secara rinci disesuaikan dengan
karakterististik kompetensi atau kemampuan berpikir yang diharapkan dikuasai
peserta didik, termasuk didalamnya kemampuan literasi dan penguatan nilai-nilai
karakter, serta keterampilan Abad 21. Oleh sebab itu, maka guru perlu
memperhatikan “bahan dasar” atau kompetensi awal sebagai tahapan berpikir yang
telah dipelajari peserta didik sebelumnya, baik di SMA maupun di SMP.  

Selain itu dalam menentukan materi pembelajaran Anda harap memperhatikan
konten materi mana yang berupa pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan
metakognitif  yang keempatnya tidak menunjukkan urutan hirarki.
Selanjutnya guru juga dapat mengembangkan materi pembelajaran yang dapat
dipelajari peserta didik melalui pengalaman di luar kelas, misalnya dalam
kehidupan bermasyarakat atau dunia usaha.
Contoh : Fakta : berkaitan dengan pengetahuan faktual pada Bahasa dan Sastra Mandarin,
seperti nama orang, nama tempat dan angka

Konsep : ungkapan memperkenalkan diri
Prosedur : Susunan huruf menjadi kata, kata menjadi frasa dan  frasa menjadi kalimat
Metakognitif : Teks Pengembangan materi juga perlu memperhatikan buku teks wajib dan sumber lain, sehingga guru dapat menjabarkan materi-materi yang merupakan materi esensial
(dasar) yang harus dikuasai peserta didik dan materi pengembangan atau materi
terapan sebagai bahan pengayaan untuk menambah wawasan. Selain itu, jika
memungkinkan guru dapat mengembangkan materi yang berkaitan dengan
muatan lokal baik materi kekinian/lingkungan, materi interdisipliner, atau materi
transdisipliner, atau materi yang dapat diaktualisasikan dalam kegiatan
kepramukaan.

Download rpp revisi 2017/2018

Materi hasil pengembangan yang merupakan bahan ajar (tulis atau berbasis TIK) akan menjadi lampiran di RPP.
Contoh materi dan  kegiatan pembelajaran yang dapat dikembangkan terkait KD
3.2 dengan IPK 3.2.3 dan 4.2 dengan IPK 4.2.2 di atas, contoh ungkapan perkenalan
Diri sendiri/orang lain dalam konteks/situasi yang berbeda (formal/informal),
sehingga peserta didik dapat memahami ujaran Identitas Diri. Gambar di bawah ini
merupakan contoh Identitas Diri/Orang Lain.

Denikian informasi yang dapat kami sampaikan , mudah mudahan dapat membantu dan banyak memberikan manfaat, untuk info detail produk rpp yang kami sediakan silahkan kunjungi website resmi kami di www.divapendidikan.com terima kasih.