-->
rpp kurikulum 2013 revisi

Buku Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan Mapel PJOK SMP Terintegrasi PPK dan Pengembangan Soal Tahun 2017

Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan guru dan tenaga kependidikan diharapkan dapat menjamin guru dan tenaga kependidikan mampu secara terus menerus memelihara, meningkatkan, dan mengembangkan kompetensi sesuai dengan standar yang telah ditetapkan. Pelaksanaan kegiatan pembinaan karier akan mengurangi kesenjangan antara kompetensi yang dimiliki guru dan tenaga kependidikan dengan tuntutan profesional yang dipersyaratkan. 

Guru dan tenaga kependidikan wajib mengikuti pembinaan Karier baik secara mandiri maupun kelompok. Khusus untuk pembinaan karier dalam bentuk diklat dilakukan oleh lembaga pelatihan sesuai dengan jenis kegiatan dan kebutuhan guru. Penyelenggaraan diklat pembinaan karier dilaksanakan oleh PPPPTK dan LPPPTK KPTK atau penyedia layanan diklat lainnya. Pelaksanaan diklat tersebut memerlukan modul sebagai salah satu sumber belajar bagi peserta diklat. Modul merupakan bahan ajar yang dirancang untuk dapat dipelajari secara mandiri oleh peserta diklat berisi materi, metode, batasan-batasan, dan cara mengevaluasi yang disajikan secara sistematis dan menarik untuk mencapai tingkatan kompetensi yang diharapkan sesuai dengan tingkat kompleksitasnya. 
Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan Mapel PJOK SMP Terintegrasi PPK dan Pengembangan Soal Tahun 2017
Dalam rangka mendukung kebijakan program Penguatan Pendidikan Karakter (PPK), modul diklat pembinaan karier ini mengintegrasikan lima nilai penguatan karakter bangsa yaitu religius, nasionalis, mandiri, gotong royong dan integritas. Kelima nilai utama tersebut teritegrasi pada kegiatan-kegiatan pembelajaran yang ada pada modul. Setelah mempelajari modul ini, selain Saudara dapat meningkatkan kompetensi pedagogik, saudara juga diharapkan mampu mengimplementasikan PPK khususnya PPK berbasis kelas.

dimana Modul ini disajikan agar teman-teman memiliki kompetensi dalam menganalisis materi pembelajaran dan bekal ajar awal peserta didik dalam pembelajaran  PJOK serta menerapkan perilaku nasionalisme, mandiri, gotong royong,  religius, dan integritas sebagai tauladan bagi peserta didik di kelas, di sekolah, maupun masyarakat. modul ini berisi tentang analisis materi pembelajaran dan bekal ajar sikap, pengetahuan, dan keterampilan peserta didik sebagai dasar dalam  mengelompokkan dan memilih materi ajar yang sesuai. 

Lingkup kompetensi dan materi pembelajaran pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan di Sekolah Menengah Pertama memuat pengembangan aspek pengetahuan, sikap dan keterampilan. Ruang lingkup materinya terdiri dari aktivitas pengembangan pola gerak dasar, aktivitas permainan dan olahraga termasuk permainan dan olahraga tradisional, aktivitas pengembangan kebugaran, aktivitas senam, aktivitas gerak berirama, aktivitas air, dan kesehatan. Ruang lingkup materi ini merupakan media  untuk mendorong pertumbuhan fisik, perkembangan psikis, keterampilan motorik, pengetahuan dan penalaran, penghayatan nilai-nilai (sikap-mental emosional-sportivitas-spiritual-sosial), serta pembiasaan pola hidup sehat yang bermuara untuk merangsang pertumbuhan dan perkembangan kualitas fisik, motorik, intelektual, emosional, dan spiritual yang seimbang. 

Pembekalan pengalaman belajar itu diarahkan untuk membina pertumbuhan fisik dan pengembangan psikis yang lebih baik, sekaligus membentuk pola hidup sehat dan bugar sepanjang hayat. 

Struktur materi Pendidikan Jasmani dikembangkan dengan menggunakan model  kurikulum kebugaran jasmani dan pendidikan olahraga (Jewtt, Ennis, & Bain, 1995). Asumsi yang digunakan kedua model ini adalah untuk menciptakan gaya hidup sehat dan aktif, dengan demikian manusia perlu memahami hakikat kebugaran jasmani dengan menggunakan konsep latihan yang benar.  Olahraga merupakan bentuk lanjut dari bermain dan merupakan bagian yang tak terpisahkan dari kehidupan keseharian manusia. Untuk dapat berolahraga secara benar, manusia perlu dibekali dengan pengetahuan dan keterampilan yang memadai. Pendidikan Jasmani diyakini dapat memberikan kesempatan bagi  peserta didik untuk: 
  • Berpartisipasi secara teratur dalam kegiatan olahraga, 
  • pemahaman dan penerapan konsep yang benar tentang aktivitas-aktivitas tersebut agar dapat melakukannya dengan aman, 
  • pemahaman dan penerapan nilai-nilai yang terkandung dalam aktivitas-aktivitas tersebut agar terbentuk sikap dan perilaku sportif dan positif, emosi stabil, dan gaya hidup sehat. 
Untuk Lebih Jelas dan detailnya silahkan anda download Modul Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan Mapel PJOK SMP Terintegrasi PPK dan Pengembangan Soal Tahun 2017 
Kelompok Kompetensi A
Kelompok Kompetensi B
Kelompok Kompetensi C
Kelompok Kompetensi D
Kelompok Kompetensi E
Kelompok Kompetensi F
Kelompok Kompetensi G
Kelompok Kompetensi H
Kelompok Kompetensi I
Kelompok Kompetensi J