-->
rpp kurikulum 2013 revisi

Bahan Ajar / PPT Pendidikan Agama Kristen & Budi Pekerti kelas 10 Kurikulum 2013 Revisi 2017/2018

Bahan ajar adalah seperangkat materi/substansi pembelajaran (teaching material) yang disusun secara sistematis, menampilkan sosok utuh dari kompetensi yang akan dikuasai siswa dalam kegiatan pembelajaran. Pada dasarnya berisi tentang pengetahuan, nilai, sikap, tindakan, dan ketrampilan yang berisi pesan, informasi, dan ilustrasi berupa fakta, konsep, prinsip, dan proses yang terkait dengan pokok bahasa tertentu yang diarahkan untuk mencapai tujuan pembelajaran. Lebih lanjut disebutkan bahwa bahan ajar berfungsi sebagai:
  • Pedoman bagi pengajar yang akan mengarahkan semua aktivitasnya dalam proses pembelajaran.
  • Pedoman bagi siswa yang akan mengarahkan semua aktivitasnya dalam proses pembelajaran.
  • Alat evaluasi pencapaian/penguasaan hasil pembelajaran.
Pembelajaran pada hakekatnya merupakan suatu proses interaksi antara guru dengan siswa, baik interaksi secara langsung seperti kegiatan tatap muka maupun secara tidak langsung yaitu dengan menggunakan berbagai media pembelajaran, salah satunya bahan ajar. Menurut Depdiknas (Kurniawati:2011) defenisi bahan ajar yakni sebagai berikut:
  • Bahan ajar merupakan informasi, alat dan teks yang diperlukan guru/instruktur untuk perencanaan dan penelaahan implementasi pembelajaran.
  • Bahan ajar adalah segala bentuk bahan yang digunakan untuk membantu guru/insturktur dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar di kelas. Bahan ajar yang dimaksud bisa berupa bahan tertulis maupun bahan tidak tertulis.
  • Bahan ajar adalah seperangkat materi yang disusun secara sistematis baik tertulis maupun tidak sehingga tercipta lingkungan/suasana yang memungkinkan siswa untuk belajar.
Suatu bahan pembelajaran yang baik memiliki ciri-ciri tertentu diantaranya
  1. Secara substansial bahan pembelajaran harus memenuhi kriteria sebagai berikut
    • Sesuai dengan visi dan misi sekolah
    • Sesuai dengan kurikulum
    • Menganut azas ilmiah
    • Sesuai dengan kebutuhan siswa
  2. Memenuhi kriteria penyajian, yang meliputi:
    • Memiliki tingkat keterbacaan yang tinggi
    • Penyajian format dan fisik bahan pembelajaran yang menarik
Proses pembelajaran merupakan suatu rangkaian kegiatan aktifitas dalam upaya pewujudan kompetensi siswa, dibangun oleh berbagai unsur, yaitu unsur raw input (siswa) yang akan diproses/dibentuk kompetensinya, instrumental input (terdiri dari tujuan, materi berupa bahan ajar, media dan perangkat evaluasi) yang berfungsi sebagai perangkat yang akan memproses pembentukan kompetensi, serta perangkat lingkungan (environmental input), seperti lingkungan keluarga, sekolah maupun masyarakat, yang turut mempengaruhi keberhasilan pencapaian kompetensi.

Bahan pembelajaran dalam proses pembelajaran dengan demikian menempati posisi penting dalam proses pembelajaran, hal tersebut karena bahan ajar merupakan materi yang akan disampaikan/disajikan. Tanpa bahan ajar mustahil pembelajaran akan terwujud. Tepat tidaknya, sesuai tidaknya bahan ajar dengan tujuan dan kompetensi yang diharapkan akan menentukan tercapai tidaknya tidaknya tujuan kompetensi pembelajaran yang diharapkan

Mengapa guru perlu untuk mengembangkan Bahan Ajar?
Terdapat beberapa faktor dan alasan, mengapa seorang tenaga pendidik harus dan perlu untuk mengembangkan bahan ajar, yaitu diantaranya; ketersediaan bahan sesuai tuntutan kurikulum, karakteristik sasaran, dan tuntutan pemecahan masalah belajar. Pengembangan bahan ajar harus memperhatikan tuntutan kurikulum, artinya bahan belajar yang akan kita kembangkan harus sesuai dengan kurikulum.

Sebagai Panduan anda membuat ataupun menyusun Bahan Ajar (PPT) berikut ini kami sajikan Untuk anda Bahan Ajar (PPT) Pendidikan Agama Kristen & Budi Pekerti kelas 10 Kurikulum 2013 Revisi 2017 silahkan anda Download Pada Link yang telah kami Sediakan Berikut ini

Download Bahan Ajar (PPT) Pendidikan Agama Kristen & Budi Pekerti Kelas 10 Kurikulum 2013

Kami Juga Menyediakan Perangkat Pembelajaran Bahan Ajar (PPT) SD, MI, SMP, MTs, SMA, MA dan SMK Kurikulum 2013 Revisi 2017 Lengkap Full Semester (Ganjil dan Genap) anda Bisa Mengunjungi Laman Kami di www.divapendidikan.com