Di awal tahun 2018 ini semoga menjadikan langkah awal yang akan menjadikan dunia pendidikan lebih baik lagi untuk itu hal tersebut agar tercipta peran guru dan orang tua sangat berperan penting dalam proses perbaikan tersebut, maka terlebih dahulu guru harus mempelajari terlebih
dahulu Buku Guru, yang dimaksudkan agar guru dapat menemukan informasi tentang
materi apa saja yang akan di sampaikan serta langkah langkah apa saja yang
harus dilakukan sehingga hal tersebut tersebut dapat di serap siswa diantaranya
sebagai berikut.
Urutan acuan materi pelajaran yang dikembangkan dari Standar
Kompetensi, Kompetensi Inti, dan Kompetensi Dasar dari masing-masing muatan
mata pelajaran, yang kemudian disatukan dalam satu tema tertentu. Jaringan tema
dari masing-masing tema yang berisi kompetensi dasar dan indikator dari
masing-masing muatan mata pelajaran yang harus dicapai.
Sebagai acuan kegiatan pembelajaran di kelas Buku Guru
menyajikan hal-hal sebagai berikut.
- Menjelaskan tujuan pembelajaran yang harus dicapai pada setiap pilihan pembelajaran dari masing-masing subtema. Dengan demikian guru akan segera mengetahui hasil pembelajaran yang harus dicapai dari proses pembelajaran yang dilakukannnya.
- Menjelaskan media pembelajaran yang dapat digunakan dalam menyelenggarakan proses pembelajaran, dengan demikian sebelum menyelenggarakan proses pembelajaran guru sudah menyiapkan Media media pembelajaran yang diperlukan.
- Menjelaskan langkah-langkah pembelajaran yang harus dilakukan dalam menyelenggarakan proses pembelajaran, Uraian ini selain dapat membantu guru dalam menyusun rencana pelaksanaaan pembelajaran, guru akan dapat melakukan tahapan pembelajaran dengan sistematis mengikuti langkah-langkah pembelajaran tersebut.
- Menjelaskan tentang teknik dan instrument penilaian yang dapat digunakan dalam setiap pilihan pembelajaran yang mungkin memiliki karakteristik tertentu.
- Menjelaskan jenis lembar kerja yang sesuai dengan pilahan pembelajaran yang ada dalam Buku Siswa.
Dibawah ini sedikit akan dijelaskan peran dan fungsi Buku
Siswa yang dapat dirinci sebagai berikut
- Panduan bagi Siswa dalam Melaksanakan Kegiatan-Kegiatan Pembelajaran Setiap subtema pada masing-masing buku memiliki beberapa pembelajaran sesuai dengan tema yang dibahas terdiri dari berbagai kegiatan yang dapat dilakukan oleh siswa, misalnya mengamati sesuatu, di dalam buku tertulis “Ayo Amati” artinya guru mengajak siswa untuk melakukan pengamatan terhadap sesuatu, biasanya berupa gambar atau tayangan film, atau lingkungan sekitar.
- Sebagai penghubung antar Guru, Sekolah dan Orang Tua Pada setiap pembelajaran ada bagian yang harus dikerjakan oleh orang tua dalam rangka membimbing anak untuk melakukan aktivitas pembelajaran di rumah, Bagian ini bisa dilihat pada Buku Siswa dengan ikon tulisan “Kerja sama dengan orang tua”. Misalnya pada Buku Siswa kelas I dengan Tema Kegemaran halaman 6 tertulis Kegiatan bersama orang tua
Lembar Kerja Siswa [LKS] Dapat berfungsi sebagai lembar kerja siswa
misalnya pada Buku Siswa kelas I tema 1 Diriku pada halaman 6 terdapat kegiatan
“Ayo Berlatih”. Pada halaman tersebut siswa diminta untuk mengamati gambar dan
mencocokkan gambar dan lambang bilangan dengan cara menarik garis dari gambar
ke lambang bilangan yang cocok, serta siswa tidak harus menyalin gambar dan
lambang bilangan tersebut pada buku tulis, melainkan dapat dikerjakan pada
halaman tersebut sebagai lembar kerja siswa dan hal tersebut akan lebih
memudahkan apasaja yang dapat di serap oleh siswa.
Media Komunikasi antara Guru dan Siswa Melalui proses
pembelajaran dengan menggunakan Buku Siswa, guru dapat mengenal siswa lebih
dekat lagi dan baik melalui pengamatan terhadap hasil kerja siswa yang telah
dirancang sedemikian rupa dalam setiap pembelajaran, guru dapat melihat
perkembangan pengetahuan dan keterampilan serta sikap siswa sesuai dengan
kompetensi pembelajaran yang telah ditetapkan.
Dan berikut di bawah ini terdapat perangkat pembelajaran buku guru tematik untuk sd/mi kelas 4 kurikulum 2013 revisi 2017 yang diantaranya:
- BUKU GURU TEMATIK TEMA 1 INDAHNYA KEBERSAMAAN SD/MI KELAS 4 K13 REVISI 2017
- BUKU GURU TEMATIK TEMA 2 SELALU BERHEMAT ENERGI SD/MI KELAS 4 K13 REVISI 2017
- BUKU GURU TEMATIK TEMA 3 PEDULI TERHADAP MAHLUK HIDUP SD/MI KELAS 4 K13 REVISI 2017
- BUKU GURU TEMATIK TEMA 5 PAHLAWANKU SD/MI KELAS 4 K13 REVISI 2017
- BUKU GURU TEMATIK TEMA 6 CITA CITAKU SD/MI KELAS 4 K13 REVISI 2017
- BUKU GURU TEMATIK TEMA 7 INDAHNYA KERAGAMAN DI NEGERIKU SD/MI KELAS 4 K13 REVISI 2017
- BUKU GURU TEMATIK TEMA 8 DAERAH TEMPAT TINGGALKU SD/MI KELAS 4 K13 REVISI 2017
- BUKU GURU PENDIDIKAN AGAMA KONGHUCU DAN BP SD/MI KELAS 4 K13 REVISI 2017
- BUKU GURU PENDIDIKAN AGAMA KATOLIK DAN BP SD/MI KELAS 4 K13 REVISI 2017
- BUKU GURU PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN DAN BP SD/MI KELAS 4 K13 REVISI 2017
- BUKU GURU PENDIDIKAN AGAMA BUDHA SD/MI KELAS 4 K13 REVISI 2017
- BUKU GURU PENDIDIKAN AGAMA HINDU SD/MI KELAS 4 K13 REVISI 2017
- BUKU GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SD/MI KELAS 4 K13 REVISI 2017
- BUKU SISWA TEMA 1 INDAHNYA KEBERSAMAAN TEMATIK SD/MI KELAS 4 K13 REVISI 2017
- BUKU SISWA TEMATIK TEMA 2 SELALU BERHEMAT ENERGI SD/MI KELAS 4 K13 REVISI 2017
- BUKU SISWA TEMATIK TEMA 3 PEDULI TERHADAP MAHLUK HIDUP SD/MI KELAS 4 K13 REVISI 2017
- BUKU SISWA TEMATIK TEMA 4 BERBAGAI PEKERJAAN SD/MI KELAS 4 K13 REVISI 2017
- BUKU SISWA TEMATIK TEMA 5 PAHLAWANKU SD/MI KELAS 4 K13 REVISI 2017
- BUKU SISWA TEMATIK TEMA 6 CITA CITAKU SD/MI KELAS 4 K13 REVISI 2017
- BUKU SISWA TEMATIK TEMA 7 INDAHNYA KERAGAMAN DI NEGERIKU SD/MI KELAS 4 K13 REVISI 2017
- BUKU SISWA TEMA 8 DAERAH TEMPAT TINGGALKU TEMATIK SD/MI KELAS 4 K13 REVISI 2017
- BUKU SISWA TEMATIK TEMA 9 KAYANYA NEGRIKU SD/MI KELAS 4 K13 REVISI 2017
- BUKU SISWA PENDIDIKAN AGAMA KATOLIK SD/MI KELAS 4 K13 REVISI 2017
- BUKU SISWA PENDIDIKAN AGAMA BUDHA DAN BP SD/MI KELAS 4 K13 REVISI 2017
- BUKU SISWA PENDIDIKAN AGAMA HINDU DAN BP SD/MI KELAS 4 K13 REVISI 2017
- BUKU SISWA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TEMATIK SD/MI KELAS 4 K13 REVISI 2017