-->
rpp kurikulum 2013 revisi

BUKU GURU DAN BUKU SISWA TEMATIK KELAS 4 K13 REVISI 2017

Di awal tahun 2018 ini semoga menjadikan langkah awal yang akan menjadikan dunia pendidikan lebih baik lagi untuk itu hal tersebut agar tercipta peran guru dan orang tua sangat berperan penting dalam proses perbaikan tersebut,  maka terlebih dahulu guru harus mempelajari terlebih dahulu Buku Guru, yang dimaksudkan agar guru dapat menemukan informasi tentang materi apa saja yang akan di sampaikan serta langkah langkah apa saja yang harus dilakukan sehingga hal tersebut tersebut dapat di serap siswa diantaranya sebagai berikut.

Urutan acuan materi pelajaran yang dikembangkan dari Standar Kompetensi, Kompetensi Inti, dan Kompetensi Dasar dari masing-masing muatan mata pelajaran, yang kemudian disatukan dalam satu tema tertentu. Jaringan tema dari masing-masing tema yang berisi kompetensi dasar dan indikator dari masing-masing muatan mata pelajaran yang harus dicapai.
Sebagai acuan kegiatan pembelajaran di kelas Buku Guru menyajikan hal-hal sebagai berikut.
  1. Menjelaskan tujuan pembelajaran yang harus dicapai pada setiap pilihan pembelajaran dari masing-masing subtema. Dengan demikian guru akan segera mengetahui hasil pembelajaran yang harus dicapai dari proses pembelajaran yang dilakukannnya.
  2. Menjelaskan media pembelajaran yang dapat digunakan dalam menyelenggarakan proses pembelajaran, dengan demikian sebelum menyelenggarakan proses pembelajaran guru sudah menyiapkan Media media pembelajaran yang diperlukan.
  3. Menjelaskan langkah-langkah pembelajaran yang harus dilakukan dalam menyelenggarakan proses pembelajaran, Uraian ini selain dapat membantu guru dalam menyusun rencana pelaksanaaan pembelajaran, guru akan dapat melakukan tahapan pembelajaran dengan sistematis mengikuti langkah-langkah pembelajaran tersebut.
  4. Menjelaskan tentang teknik dan instrument penilaian yang dapat digunakan dalam setiap pilihan pembelajaran yang mungkin memiliki karakteristik tertentu.
  5. Menjelaskan jenis lembar kerja yang sesuai dengan pilahan pembelajaran yang ada dalam Buku Siswa.
Adapun yang kedua adalah penggunaan buku Siswa yang di maksudkan buku siswa tersebut adalah sebagai  buku yang diperuntukkan untuk siswa yang dipergunakan sebagai panduan aktivitas pembelajaran yang bertujuan agar dapat memudahkan siswa dalam menguasai kompetensi tertentu. Buku Siswa bukan sekedar bahan bacaan, tetapi juga digunakan untuk melaksanakan kegiatan-kegiatan dalam proses pembelajaran yang isinya dirancang dan dilengkapi dengan contoh-contoh lembar kegiatan dengan tujuan agar dapat terselenggaranya pembelajaran kontekstual, artinya siswa dapat mempelajari sesuatu yang relevan dengan kehidupan yang dialaminya sehingga hal tersebut akan langsung berhubungan dengan lingkungan sekitar.

Dibawah ini sedikit akan dijelaskan peran dan fungsi Buku Siswa yang dapat dirinci sebagai berikut
  1. Panduan bagi Siswa dalam Melaksanakan Kegiatan-Kegiatan Pembelajaran Setiap subtema pada masing-masing buku memiliki beberapa pembelajaran sesuai dengan tema yang dibahas terdiri dari berbagai kegiatan yang dapat dilakukan oleh siswa, misalnya mengamati sesuatu, di dalam buku tertulis “Ayo Amati” artinya guru mengajak siswa untuk melakukan pengamatan terhadap sesuatu, biasanya berupa gambar atau tayangan film, atau lingkungan sekitar.
  2. Sebagai penghubung antar Guru, Sekolah dan Orang Tua Pada setiap pembelajaran ada bagian yang harus dikerjakan oleh orang tua dalam rangka membimbing anak untuk melakukan aktivitas pembelajaran di rumah, Bagian ini bisa dilihat pada Buku Siswa dengan ikon tulisan “Kerja sama dengan orang tua”. Misalnya pada Buku Siswa kelas I dengan Tema Kegemaran halaman 6 tertulis Kegiatan bersama orang tua

Lembar Kerja Siswa [LKS] Dapat berfungsi sebagai lembar kerja siswa misalnya pada Buku Siswa kelas I tema 1 Diriku pada halaman 6 terdapat kegiatan “Ayo Berlatih”. Pada halaman tersebut siswa diminta untuk mengamati gambar dan mencocokkan gambar dan lambang bilangan dengan cara menarik garis dari gambar ke lambang bilangan yang cocok, serta siswa tidak harus menyalin gambar dan lambang bilangan tersebut pada buku tulis, melainkan dapat dikerjakan pada halaman tersebut sebagai lembar kerja siswa dan hal tersebut akan lebih memudahkan apasaja yang dapat di serap oleh siswa.

Media Komunikasi antara Guru dan Siswa Melalui proses pembelajaran dengan menggunakan Buku Siswa, guru dapat mengenal siswa lebih dekat lagi dan baik melalui pengamatan terhadap hasil kerja siswa yang telah dirancang sedemikian rupa dalam setiap pembelajaran, guru dapat melihat perkembangan pengetahuan dan keterampilan serta sikap siswa sesuai dengan kompetensi pembelajaran yang telah ditetapkan.

Dan berikut di bawah ini terdapat perangkat pembelajaran buku guru tematik untuk sd/mi kelas 4 kurikulum 2013 revisi 2017 yang diantaranya:
BUKU SISWA TEMATIK SD/MI KELAS 4 K13 REVISI 2017
Untuk sahabat yang membutuhkan buku pegangan guru dan buku pegangan siswa kelas 4 kurikulum 2013 revisi 2017 lengkap silahkan download pada link yang tertera di atas terima kasih.