Didalam buku ini terdapat berbagai pengertian serta dua dimensi kurikulum, yang pertama yaitu rencana dan pengaturan mengenai
tujuan, isi,dan bahan pelajaran, sedangkan yang kedua adalah cara yang
digunakan untuk kegiatan pembelajaran siswa smp disekolah menengah
pertama, yang di maksudkan agar dunia pendidikan semakin lebih baik lagi
sehingga di revisi pada tahun ini tahun 2017di harapkan pendidikan yang diterapkan pendidik akan lebih mudah di serap siswa sehingga menjadi masa depan bangsa yang berkualitas..
Didalam buku pendidikan agama
budha kurikulum 2013 ini yang diberlakukan
mulai tahun ajaran 2013-2014 memenuhi kedua dimensi tersebut diantaranya adalah
sebagai berikut:
a. Karakteristik Kurikulum 2013,
yang dimaksudkan untuk mengembangkan
keseimbangan antara sikap spiritual dan sosial, pengetahuan, dan keterampilan,
serta menerapkannya dalam berbagai situasi di sekolah dan masyarakat.
b. Menempatkan sekolah sebagai
bagian dari masyarakat yang memberikan pengalaman belajar agar peserta didik
mampu menerapkan apa yang dipelajari di sekolah ke masyarakat dan memanfaatkan
masyarakat sebagai sumber belajar.
c. Memberi waktu yang cukup leluasa
untuk mengembangkan berbagai sikap, pengetahuan, dan keterampilan.
d. Mengembangkan kompetensi yang
dinyatakan dalam bentuk Kompetensi Inti kelas yang dirinci lebih lanjut dalam
Kompetensi Dasar mata pelajaran.
e. Mengembangkan Kompetensi Inti
kelas menjadi unsur pengorganisasi (organizing elements) Kompetensi Dasar.
Semua Kompetensi Dasar dan proses pembelajaran dikembangkan untuk mencapai
kompetensi yang dinyatakan dalam Kompetensi Inti.
f. Mengembangkan Kompetensi Dasar
berdasarkan pada prinsip akumulatif, saling memperkuat (reinforced) dan
memperkaya (enriched) antarmata pelajaran dan jenjang pendidikan (organisasi
horizontal dan vertikal).
Buku Guru edisi revisi yang
berjudul “Pendidikan Agama Buddha dan Budi Pekerti” untuk Sekolah Menengah
Pertama (SMP) Kelas VIII ini disusun berdasarkan kurikulum 2013 yang bertujuannya
sebagai pedoman pembelajaran peserta
didik dalam mempelajari Buddha Dharma, Pembelajaran agama diharapkan mampu
menambah wawasan keagamaan, mengasah keterampilan beragama dan mewujudkan sikap
beragama peserta didik yang utuh dan berimbang yang mencakup hubungan manusia
dengan Penciptanya, sesama manusia dan manusia dengan lingkungannya.
Untuk itu pendidikan agama
katolik dan budi pekerti kelas 8 kurikulum 2013 revisi 2017 ini di bagi ke
dalam dua bagian
A. Fungsi Buku guru pendidikan agama budha untuk smp kelas 8 kurikulum 2013 revisi 2017
yang dimaksudkan agar buku tersebut menjadi acuan dan petunjuk yang
terdapat pada buku siswa
Sebagai langkah langkah dasar dalam kegiatan
pembelajaran di kelas sehingga dalam adanya buku tersebut dapat menjelaskan
langkah-langkah pembelajaran yang harus dilakukan dalam menyelenggarakan
proses pembelajaran.
Penjelasan tentang Metode dan
Pendekatan Pembelajaran yang digunakan dalam proses Pembelajaran.
B. fungsi Buku Siswa diantaranya
sebagai berikut.
Panduan bagi Siswa dalam
Melaksanakan Kegiatan-Kegiatan Pembelajaran
Penghubung antar Guru, Sekolah
dan Orang Tua Pada setiap pembelajaran ada bagian yang harus dikerjakan oleh
orang tua dalam rangka membimbing anak untuk melakukan aktivitas
pembelajaran di rumah.
Lembar Kerja Siswa Media Komunikasi antara Guru dan
Siswa
Sebagai Kenang-kenangan Rekam
Jejak Belajar Siswa
Di daman dalam buku tersebut
terdapat materi materi yang menerangkan tentang berbagai tujuan agar tumbuh
terhadap siswa yang lebih berkarakter antara lain: kejujuran, kedisiplinan,
cinta kebersihan, cinta kasih, semangat berbagi, optimisme, cinta tanah air,
mempunyai intelektual, dan kreativitas
yang bermanfaat bagi sesama,dan menjadi penggerak dalam pembentukan,
pengembangan, peningkatan, pemeliharaan, dan perbaikan perilaku anak didik agar
mau dan mampu melaksanakan tugas-tugas hidup dan menjadi pribadi yang
bertanggung jawab.
Adapun inti dari pelajaran agama
budha tersebut mencakup beberapa bab yang terkandung dalam materi pendidikan
agama budha kelas 8 kurikulum 2013 revisi 2017 antara lain sebagai berikut:
BAB 1 Masa Membabarkan Dharma
BAB 2 Meneladan Para Siswa Utama
Buddha
BAB 3 Meneladan Para Siswa
Pendukung Buddha
Pendidikan Agama Buddha dan Budi
Pekerti v
BAB 4 Meneladan Para Raja
Pendukung Buddha.
BAB 6 Dharmayatra
BAB 7 Konsep Meditasi Ketenangan
Batin
BAB 8 Praktik Meditasi Ketenangan
BatinDemikian info yang dapat kami berikan semoga bermanfaat, untuk sahabat yang membutuhkan buku pendidikan agama budha kelas 8 kurikulum 2013 revisi 2017 silahkan downloan pada link yang terdapat di bawah ini.