Buku ini disusun agar guru mendapat gambaran yang
jelas dan rinci dalam
Melakukan kegiatan pembelajaran.
Buku Prakarya dan Kewirausahaan SMA/SMK/MA/MAK Kelas XI kurikulum 2013 revisi 2017 ini berisi tentang ruang lingkup materi yang harus di sampaikan:
A.Tentang jaringan tema yang memberi gambaran kepada
guru melalui suatu tema
yang melingkupi beberapa contoh seperti kompetensi dasar (KD) dari berbagai mata
pelajaran,
B. kegiatan pembelajaran tematik terpadu untuk menggambarkan kegiatan kegiatan dalam memberikan mata pelajaran di sekolah
C. pengalaman belajar yang bermakna untuk membangun sikap dan perilaku dan mengacu pada lingkungan di sekolah,serta dapat di terapkan dalam kehidupan sehari hari
D. berbagai teknik penilaian peserta didik,
E. informasi yang menjadi acuan kegiatan remedial dan pengayaan,
F. kegiatan interaksi guru dan orang tua, yang memberi kesempatan kepada
orang tua untuk ikut berpartisipasi aktif melalui kegiatan belajar peserta
didik di rumah, dan petunjuk penggunaan buku peserta didik.
yang melingkupi beberapa contoh seperti kompetensi dasar (KD) dari berbagai mata
pelajaran,
B. kegiatan pembelajaran tematik terpadu untuk menggambarkan kegiatan kegiatan dalam memberikan mata pelajaran di sekolah
C. pengalaman belajar yang bermakna untuk membangun sikap dan perilaku dan mengacu pada lingkungan di sekolah,serta dapat di terapkan dalam kehidupan sehari hari
D. berbagai teknik penilaian peserta didik,
E. informasi yang menjadi acuan kegiatan remedial dan pengayaan,
F. kegiatan interaksi guru dan orang tua, yang memberi kesempatan kepada
orang tua untuk ikut berpartisipasi aktif melalui kegiatan belajar peserta
didik di rumah, dan petunjuk penggunaan buku peserta didik.
Kegiatan pembelajaran di buku ini didesain untuk
mengembangkan kompetensi
(sikap, pengetahuan, dan keterampilan) peserta didik
melalui aktivitas yang
bervariasi. Aktivitas tersebut meliputi sebagai
berikut:
1. menerapkan pelajaran yang menarik perhatian
peserta didik dan diarahkan menjadi mata pelajaran yang di Faporitkan, seperti
membacakan cerita, bertanya jawab, bernyanyi,
permainan, demonstrasi,
memberikan masalah dan sebagainya,
2. menginformasikan tujuan pembelajaran sehingga
peserta didik dapat
mengorganisasi informasi yang disampaikan (apa yang
dilihat, didengar,
dirasakan, dan dikerjakan),
3. memantik pengetahuan peserta didik yang diperoleh
sebelumnya agar
peserta didik bisa mengaitkan pengetahuan terdahulu
dan yang akan
dipelajari,
4. memberi tugas yang bertahap guna membantu peserta
didik memahami
konsep,dan tentunya menjadi arahan sehingga murid dapat terdidik dengan baik.
5. memberi tugas yang membutuhkan keterampilan
tingkat tinggi,
6. memberi kesempatan untuk melatih keterampilan
atau konsep yang telah
dipelajari, dan
7. memberi umpan balik yang akan memperkuat
pemahaman peserta didik
Dan berikut di bawah ini akan kami sedikit mengulas tentang salah satu Buku Prakarya dan Kewirausahaan SMA/SMK/MA/MAK Kelas XI Semester kurikulum 2013 revisi 2017
di mana ada beberapa langkah langkah yang bisa di jadikan acuan untuk memberikan mata pelajaran sampai dengan semester satu dan dua di bawah ini terdapat beberapa bab yang diantaranya adalah
Aspek kerajinan
BAB 1. wirausaha kerajinan dari bahan limbah berbentuk bangun datar.
A Perencanaan Usaha Kerajinan dari Bahan Limbah Berbentuk
Bangun Datar .
B.Sistem Produksi Usaha Kerajinan dari Bahan Limbah
Berbentuk Bangun Datar
C.Perhitungan Titik Impas (Break Even Point) Usaha Kerajinan
dari Bahan Limbah Berbentuk Bangun Datar .
D.Strategi Promosi Produk Hasil Usaha Kerajinan dari Bahan
Berbentuk Bangun Datar.
E. Laporan Kegiatan Usaha Kerajinan dari bahan Limbah
Berbentuk Bangun Datar.
Aspek kewirausaahan
BAB 2. wirausaha produk rekayasa sistem technik.
A. Perencanaan Usaha Produk Sistem Teknik
B. Sistem Produksi Usaha Sistem Teknik
C. Menghitung Titik Impas (Break Even Point)
D. Strategi Promosi Usaha Sistem Teknik
E. Laporan Kegiatan Pembuatan Produk Sistem Teknik
F. Evaluasi .
Aspek budaya
BAB 3. budidaya pembenihan ikan konsumsi.
A.Perencanaan Usaha Pembenihan Ikan Konsumsi
B.Penerapan Sistem Pembenihan Ikan Konsumsi
berdasarkan Daya Dukung Wilayah.
C.Menghitung Titik Impas (Break Even Point) Usaha
Pembenihan Ikan Konsumsi
D.Promosi Produk Hasil Usaha Pembenihan Ikan Konsumsi
E. Laporan Kegiatan Usaha Pembenihan Ikan Konsumsi
Aspek pengolahan
BAB 4. pengolahan dan kewirausaan bahan nabati dan hewani jadi makanan khas daerah.
A. Perencanaan Usaha Makanan Khas Daerah
B. Penerapan Sistem Produksi Makanan Khas Daerah
Berdasarkan Daya Dukung Daerah
C. Menghitung Titik Impas (Break Even Point) Usaha
Makanan Khas Daerahh
D Promosi Produk Hasil Usaha Makanan Khas Daerah
E.Laporan Kegiatan Usaha Makanan Khas Daerah.
Demikian sedikit informasi yang dapat saya berikan Mengenai Buku Prakarya dan Kewirausahaan SMA/SMK/MA/MAK Kelas XI kurikulum 2013 revisi 2017 untuk info lebih lanjut silahkan DOWNLOAD