-->
rpp kurikulum 2013 revisi

Download Buku Panduan Layanan Simpatika

SIMPATIKA dirancang untuk dapat berjalan seringan dan sekompatibel mungkin dengan perangkat-perangkat yang ada. Karena bersifat terpusat dan berbasis web, tidak diperlukan investasi pengadaan server khusus untuk di KEMENAG KAB/KOTA maupun madrasah/sekolah untuk melakukan implementasi SIMPATIKA. Instalasi perangkat lunak khusus juga tidak diperlukan. 

Beberapa hal yang perlu dipersiapkan untuk implementasi adalah sebagai berikut : 
  • Koneksi internet standar, meskipun tidak disyaratkan secara spesifik, kondisi internet yang dianjurkan adalah sebesar 512 kbps. 
  • Perangkat komputer atau komputer jinjing dengan resolusi monitor minimal 1024 x 768 untuk menghasilkan tampilan aplikasi yang nyaman. 
  • Aplikasi perambah umum yang lazim digunakan semisal firefox, chrome atau internet explorer. 
  • Aplikasi kelola dokumen semisal MS Excel, MS Word dan aplikasi pembaca file berformat PDF 
Untuk melakukan pengelolaan dan transaksi data, Anda diwajibkan  melakukan login dengan menggunakan akun yang Anda miliki, setelah Anda masuk ke dalam aplikasi Anda akan mendapatkan sebuah portal yang berisi layanan-layanan yang berhak Anda akses. Portal ini disebut dengan Dasbor Layanan

Dasbor layanan terdiri dari 3 bagian yaitu Layanan SIMPATIKA, Layanan Personal dan Layanan Nilai Tambah. Sistem secara otomatis akan menyesuaikan tampilnya menu-menu layanan sesuai dengan hak akses yang anda miliki. 

Secara umum bagian aplikasi SIMPATIKA terdiri dari 4 bagian yaitu: 
  • Global Header , adalah bagian yang akan selalu muncul untuk memudahkan Anda mengakses layanan aplikasi lain dan berhubungan dengan profil Anda 
  • Menu Header, daftar katagori menu yang akan dapat Anda gunakan pada tiap-tiap aplikasi yang Anda gunakan 
  • Daftar Menu, menu yang tersedia dalam setiap katagori menu yang Anda pilih 
  • Area Kerja, area tempat Anda bekerja sesuai dengan aplikasi yang Anda gunakan. 
Sistem SIMPATIKA menggunakan mekanisme akun yang dikelola secara mandiri oleh para pemegang Akun. Setiap akun memiliki karakteristik dan hak akses layanan yang secara otomatis diatur berdasarkan tipe akun yang diberikan kepada pengguna. Terdapat empat buah tipe akun yang dikenal dalam sistem SIMPATIKA yaitu : 
  • Akun Institusi 
  • Akun Individu Institusi
  • Akun Individu Publik
  • Akun Admin / Operator 
Pusat Layanan PTK Kemenag merupakan lanjutan dari program Padamu Negeri yang dirintis oleh Kemdikbud sejak 20 Mei 2013 hingga Juni 2015. Melalui Layanan SIM PTK Online ini, Kemenag mengembangkan beragam program kerja untuk kepentingan PTK Kemenag, meliputi: Digitalisasi Portofolio PTK, Bantuan/Beasiswa PTK, Tunjangan PTK, Diklat PTK, Sertifikasi PTK, Pemetaan Mutu PTK, dan beragam program lainnya. 

Proses transaksi data pada Layanan SIM PTK Online Kemenag akan melibatkan secara berjenjang dari individu PTK, Pimpinan Madrasah/Sekolah, Kantor Kemenag Kab/Kota, Kantor Wilayah Kemenag Provinsi, hingga Unit-Unit Kerja Kemenag Pusat dengan terpadu, selain pemutakhiran profil PTK juga mendapatkan ragam fasiltas lain diantaranya : 
  • Jejaring Sosial. Untuk dapat berinteraksi dengan sesama PTK 
  • Media Penyimpan berbasis komputasi awan. 
  • Layanan bank soal. Untuk membuat, menyimpan dan berbagi soal. 
Download Buku Panduan Layanan Simpatika
Sekian dan terima kasih!