Pentingnya pendidikan yang harus dilakukan demi menciptakan Kreativitas
dan keterampilan peserta didik dalam menghasilkan produk kerajinan, produk
rekayasa, produk budidaya maupun produk pengolahan sudah dilatihkan melalui
Mata Pelajaran Prakarya sejak di Sekolah Menengah Kelas VII, VIII dan Kelas IX
dan tenhtunya hal itu akan menjadi modal dasar guna menghasilkan kreatifitas
anak didik yang dapat memberikan manfaat.
Teknik yang dilatihkan dapat dimanfaatkan sesuai dengan
potensi dan kearifan lokal yang khas daerah di daerah masing-masing,peserta
didik akan dengan kreatif dan terampil mengembangkan potensi khas daerah yang
begitu banyak dan berlimpah di Negara Indonesia yang tercinta ini, produk-produk
tersebut berpotensi memiliki nilai ekonomi melalui wirausaha dan kerajinan.
Pada Sekolah Menengah Kelas X, XI dan XII pembelajaran
Prakarya disinergikan dengan kompetensi Kewirausahaan, dan dalam Mata Pelajaran
Prakarya dan Kewirausahaan, dapat memberikan
kemampuan yang sangat penting untuk dimiliki untuk dapat berperan di
masa depan sehingga akan banyak hal hal yang baru dan modal awal untuk menyongsong
masa depan yang lebih cerah.
Kewirausahaan meliputi pengolahan jiwa, semangat,
pengetahuan, potensi kreatif dan keterampilan, materi pembelajaran Prakarya
pada Kerajinan, Rekayasa, Budidaya maupun Pengolahan dikaitkan dengan konteks
Kewirausahaan, pada Kelas X peserta didik telah mulai dikenalkan kepada konsep
wirausaha dan sikap dasar seorang wirausahawan dan hal tersebut dapat di
pastikan sebagi dasar anak didik untuk menjadi orang orang yang berkembang dan
sukses sebagai salah satu pengusaha.
Pada Kelas X peserta didik akan menjalankan proses
pembelajaran yang lebih ditekankan kepada simulasi berwirausaha dengan memanfaatkan
keterampilan melihat peluang pasar, berpikir kreatif, merancang, memproduksi,
mengemas dan memasarkan secara sederhana, dan tentunya akan mendapatkan nilai
nilai positif dan menambah ilmu pengetahuan.
Kegiatan pembelajaran juga menekankan kepada kemampuan
bekerja di dalam kelompok, sehingga peserta didik memiliki keterampilan untuk bekerjasama,
membangun sikap social dan berinteraksi serta menghargai sikap dan ide sehingga
akan berpengaruh positif dan akan banyak hal hal baru yang dapat di timbulkan.
Pembelajaran Prakarya dan Kewirausahaan Kelas X dapat melatih
sikap, memberikan pengetahuan, dan mengasah keterampilan peserta didik untuk
siap menjalankan wirausaha sesuai bidang prakarya yang diminati serta sesuai
dengan potensi khas daerah masing-masing dan tentunya akan di perkenalkan
kepada dunia tentang beberapa hasil hasil yang dapat di ciptakan dan di gunakan
orang orang banyak dan tentunya hal tersebut dapat memberikan banyak sekali
manfaat dari kreatifitas yang telah di buat.
Buku ini memberikan serta membimbing peserta didik untuk
melakukan kegiatan secara bertahap, sesuai tahapan yang dilakukan untuk memulai
suatu usaha dan mendapatkan penghasilan dari apa yang kita perbuat, dan tak hanya itu saja pada setiap Bab, diawali dengan
pengetahuan tentang konteks dari bidang prakarya; kerajinan, rekayasa, budidaya
dan pengolahan, proses pembelajaran selanjutnya yang terdiri dari kegiatan yang
merupakan tahapan hingga pada tahap akhir adalah kegiatan simulasi wirausaha, Peserta
didik dapat secara aktif memperkaya pengetahuan dengan mencari data dan informasi
dari berbagai sumber lain di luar buku ini.
Berikut di bawah ini tentang
materi buku prakarya kelas 10 untuk sma/ma/smk/mak kurikulum 2013 revisi 2017
dan ruang lingkupnya :
Semester I
PETA MATERI KERAJINAN
Bab 1. Wirausaha Kerajinan dengan Inspirasi Budaya Nonbenda
A. Karakteristik Kewirausahaan
B. Perencanaan Usaha Kerajinan dengan InspirasiBudaya Nonbenda
C. Perancangan dan Produksi Kerajinan dengan Inspirasi Budaya Nonbenda
D. Penghitungan Biaya Produksi Kerajinan dengan Inspirasi Budaya Nonbenda
E. Pemasaran Langsung Kerajinan dengan Inspirasi Budaya Nonbenda
F. Evaluasi Hasil Kegiatan Usaha Kerajinan dengan Inspirasi Budaya Nonbenda
PETA MATERI REKAYASA
Bab 2. Wirausaha Produk Teknologi Transportasi dan Logistik
A. Karakteristik Kewirausahaan
B. Perencanaan Usaha Produk Teknologi Transportasi dan
Logistik
C. Perancangan dan Produksi Produk Teknologi Transportasi dan Logistik
D. Penghitungan Biaya Produksi Produk Teknologi Transportasi dan Logistik
E. Pemasaran Langsung
Produk Teknologi Transportasi dan Logistik
F. Evauasi Hasil
Kegiatan Usaha Produk Teknologi Transportasida
PETA MATERI BUDI
DAYA
Bab 3. Kewirausahaan Budi daya Tanaman Pangan
A. Perencanaan Usaha Budi daya Tanaman Pangan
B. Proses Produksi Budi daya Tanaman Pangan
C. Perhitungan Harga Pokok Usaha Budi daya Tanaman Pangan
D. Pemasaran Langsung Budi Daya Tanaman Pangan
E. Hasil Kegiatan Usaha Budi Daya Tanaman Pangan
PETA MATERI PENGOLAHAN
Bab 4. Kewirausahaan Pengolahan Makanan Awetan Nabati
A. Perencanaan Usaha Makanan Awetan dari Bahan Nabati
B. Sistem Pengolahan Makanan Awetan dari Bahan Nabati
C. Perhitungan Biaya Makanan Awetan dari Bahan Nabati
D. Pemasaran Langsung Makanan Awetan dari Bahan Nabati
E. Hasil Kegiatan Usaha Makanan Awetan dari Bahan Nabati
Demikian info yang dapat kami sampaikan mudah mudahan dapat
memberikan banyak manfaat, untuk info lebih jrlas dan detailnya silahkan
download, terima kasih.