Kualitas Pengajar
Guru merupakan ujung tombak kemajuan
pendidikan di Indonesia, dan seorang guru haruslah mempunyai tanggung jawab
besar bagi perubahan paradigma atau mindset dari para guru yang ada di
republik tercinta ini.
ika kita ingin mendapatkan
guru-guru yang berkualitas,dan tentunya seorang guru haruslah melalui proses
yang panjang, baik itu dalam pendidikan atau dapat di katakana seorang guru
harus mempunyai wawasan yang luas.
Selama ini banyak para guru yang berpikiran bahwa menjadi
seorang guru itu sama dengan profesi-profesi lainnya, berangkat bekerja, lalu
mengajar dikelas, kemudian pulang kembali ke rumah, tanpa memikirkan tanggung
jawab apakah murid-murid tadi sudah mengerti atau memahami apa apa yang tadi di
sampaikan dan berdampat positif bagi pendidikan.
Dan utuk itu harus dibentuk sebuah pemikiran bahwa menjadi guru
itu pekerjaan mulia yang mempunyai tingkatan yang lebih tinggi di bandingkan
dengan profesi-profesi lainnya, karena semua profesi yang ada di dunia ini
pasti berawal dari suatu proses atau sebuah pendidikan yang diberikan oleh
seorang guru.
Namun kita juga memahami, bahwa guru juga merupakan manusia
biasa yang tentu mempunyai banyak kebutuhan dalam hidup, inilah yang menjadi
tugas pemerintah untuk menjamin kesejahteraan seorang guru.
Sehingga para guru ini dapat menjalankan tugas sebaiknya-baiknya
dalam mengemban amanah untuk mencerdaskan kehidupan bangsa, tanpa harus
disibukkan dengan hal-hal lain hanya demi menambah penghasilannya.
Dalam hal belajar-mengajar
sehari-hari, seorang guru haruslah mampu untuk mengenali dan menggali berbagai
potensi yang ada dalam diri para peserta didiknya, Seorang guru tidak bisa
hanya memaksakan kehendaknya tanpa memperhatikan kebutuhan, minat, dan bakat
yang dimiliki oleh peserta didik. Seorang guru harus mampu mengenali dan
menggali masalah dan potensi seorang anak.
Sehingga para peserta didik akan merasa nyaman seperti berada
dirumah sendiri serta akan merasa seperti berhadapan dengan orang tuanya
sendiri saat berhadapan dengan gurunya di sekolah dan hal ini dapat berdampak
positif bagi anak didik.
Uji kompetensi untuk para guru
juga perlu dilakukan secara berkala, karena tantangan dan pengaruh zaman yang
terus berubah dan terus bergerak, maka seorang guru tidak bisa hanya menggunakan
ilmu yang itu-itu saja yang mungkin sudah berpuluh-puluh tahun lalu mereka
dapatkan,
Untuk itu apa yang di sampaikan haruslah sesuai dengan apa yang
di keluarkan oleh dinas pendidikan dan kebudayaan, dengan kurikulum yang telah
di sempurnakan seperti contoh buku di
bawah ini:BUKU PJOK KELAS 10 UNTUK SMA /MA/SMK/MAK KURIKULUM 2013 REVISI 2017, Dan ruang lingkupnya:
BAB I PERMAINAN BOLA BESAR
Permainan Bola Besar Melalui Permainan
Sepakbola
A. Variasi Keterampilan Gerak dalam Permainan Sepak Bola
B. Kombinasi Keterampilan Gerak Permainan Sepak Bola
C. Bermain Sepakbola dengan Peraturan yang Dimodifikasi
Permainan Bola Besar Melalui Permainan
Bola Voli.
A. Variasi Keterampilan Gerak dalam Permainan Bola Voli
B. Kombinasi Keterampilan Gerak Permainan Bola Voli.
Permainan Bola Besar Melalui Permainan Bola Basket
A. Variasi Keterampilan Gerak dalam Permainan Bola Basket.
B. Kombinasi Keterampilan Gerak Permainan Bola Basket
C. Bermain Bola Basket Menggunakan Setengah Lapangan Basket.
D. Penilaian.
BAB II PERMAINAN BOLA KECIL
Permainan Bola Kecil Melalui Permainan Softball
A. Peta Konsep .
B. Perlengkapan Permainan Softball
C. Variasi Keterampilan Gerak Permainan Softball
Permainan Bola Kecil Melalui Permainan Bulu Tangkis
A. Variasi Memegang Raket dan Servis Forehand danBackhand
B. Variasi Memukul Forehand danBackhand
C. Bermain Bulu Tangkis dengan Peraturan yang Dimodifikasi
Permainan Bola Kecil Melalui Permainan Tenis Meja
A. Variasi Servis Forehand danBackhand
B. Variasi Memegang Bet, Pukulan Forehand danBackhand
C. Pembelajaran Bermain Tenis Meja dengan Peraturan yang
Dimodifikasi
D. Penilaian.
BAB III ATLETIK
A. Peta Konsep
B. Peta Konsep Jalan Cepat
C. Keterampilan Dasar Jalan Cepat
Lari Jarak Pendek.
A. Peta Konsep Lari Jarak Pendek
B. Keterampilan Lari Jarak Pendek
C. Variasi dan Kombinasi
Tolak Peluru
A. Peta konsep Tolak Peluru
B. Keterampilan Dasar Tolak Peluru
C. Variasi dan Kombinasi Teknik Dasar.
Lompat Jauh.
A. Peta Konsep Lompat Jauh Gaya Berjalan di Udara
B. Pembelajaran Variasi Keterampilan Gerak Melangkah, Menolak,
dan Mendarat
Daftar Gambar
Lompat Tinggi Gaya Straddle
A. Peta Konsep Lompat Tinggi Gaya Straddle
B. Variasi Keterampilan Gerak Atletik Melalui Lompat Tinggi
Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
C. Teknik Dasar Rangkaian Gerak Melompat
D. Lomba Lompat Tinggi Gaya Straddle dengan Peraturan yang
Dimodifikasi
E. Penilaian.
BAB IV BELADIRI.
Pencak Silat
A. Peta Konsep .
B. Perlengkapan yang Dibutuhkan pada Pertandingan Pencak Silat.
C. Variasi dan Kombinasi Teknik Pencak Silat
D. Aktivitas Pembelajaran Variasi dan Kombinasi Teknik Dasar
E. Evaluasi
BAB V KEBUGARAN JASMANI
A. Peta Konsep
B. Kegiatan Pembelajaran Kebugaran Jasmani
C. Evaluasi
BAB VI SENAM
A. Peta Konsep
B. Aktivitas Pembelajaran Senam Lantai.
C. Penilaian
BAB VII GERAK RITMIK.
A. Peta Konsep
B. Aktivitas Pembelajaran Variasi Keterampilan Gerak Ritmik
C. Penilaian
BAB VIII RENANG
A. Peta Konsep
B. Renang Gaya Bebas
C. Renang Gaya Punggung
D. Renang Gaya Dada.
E. Penilaian
BAB IX PERGAULAN SEHAT.
A. Peta Konsep ..
A. Pergaulan
B. Sehat
C. Remaja
D. Pergaulan Sehat pada Remaja
E. Beberapa Cara Remaja Bergaul Secara Sehat.
Sikap-Sikap dalam Pergaulan Remaja.
BAB X NARKOBA
A. Peta Konsep.
B. Bahaya Penyalahgunaan Narkoba
C. Bahaya Terhadap Kejiwaan
D. Bahaya Terhadap Lingkungan Masyarakat
E. Kiat-kiat Menghindari Penyalahgunaan Narkoba
F. Penilaian
Demikian informasi yang dapat di sampaikan semoga bermanfaat, tentang BUKU PJOK KELAS 10 UNTUK SMA /MA/SMK/MAK KURIKULUM 2013 REVISI 2017,Untuk info lebih jelas dan detailnya silahkan download terima kasih.