Indonesia
merupakan salah satu Negara yang mempunyai banyak budaya,banyak pulau ,suku,dan
agama,dan juga adat istiadat sebagai salah satu kumpulan dan tata kelakuan yang paling tinggi
kedudukannya, karena bersifat kekal dan terintegrasi sangat kuat terhadap
masyarakat yang memilikinya.
Kriteria
yang paling menentukan bagi konsepsi tradisi itu adalah bahwa tradisi
diciptakan melalui tindakan dan kelakuan orang-orang melalui fikiran dan
imaginasi orang-orang yang diteruskan dari satu generasi kegenerasi berikutnya
sehingga toleransi terhadap arang orang yang berbeda agama pun tetap terjaga
sampai saat ini
Terlihat
jelas bahwa adat adalah bagian dari kebudayaan yaitu yang berwujud ideal,
alami, adat atau sistem budaya ini adalah yang memberikan pedoman, arah serta
menjiwai masyarakat pendukung kebudayaan, dan tentunya sebagai salah satu cirri
daerah daerah tertentu, dengan mempunyai tradisi tradisi yang sampai saat ini
tetap utuh dan terjaga.
Agama
setelah disesuaikan dan dikembangkan menurut kondisi dan situasi kehidupan
manusia dalam dunia ini, timbulah nilai-nilai, norma-norma,
pandangan-pandangan serta hukum-hukum yang dalam pengembangannya tetap
berdasarkan pada agama semula,
Inilah merupakan wujud ideal atau adat dari
agama, akan tetapi sikap toleransi terhadap agama pun di indonesia sangat di junjung tinggi.
Dan itu terlihat jelas dalam uud 45, tentang sikap toleransi terhadap agama lain dan saling menghormatinya,dinas pendidikan dan kebudayaan senantiasa memberikan efek positip demi menjaga kelestarian dan kebudayaan republik indonesia tercinta ini.
seorang guru sebagai pendidik yang senantiasa memberikan wawasan dan ilmu pengetahuannya demi kelangsungan hidup yang akan menciptakan orang orang kebanggaan dan harapan bangsa ini, dan tentunya harus mempunyai langkah langkah seperti rancangan pendidikan pembelajaran {rpp}.
Yang di maksud agar seorang guru dapat mengatur waktu dan menyampaikan materi materi apa saja yang akan di sampaikan,dan tentu sudah di sesuaikan dengan kurikulum yang di sediakan pemerintah dan dinas pendidikan kebudayaan.
Seperti berikut kami contohkan Buku pendidikan agama kristen dan budi pekerti kelas 10 untuk sma/smk kurikulum 2013 revisi 2017 dan ruang lingkupnya:
Bab I Pendahuluan
A. Latar Belakang
B. Tujuan.
C. Ruang Lingkup
Bab II Pengembangan Kurikulum 2013
A. Prinsip Pengembangan Kurikulum.
B. Kompetensi Inti.
C. Kompetensi Dasar
Bab III Hakikat dan Tujuan Pendidikan Agama Kristen (PAK)
A. Hakikat Pendidikan Agama Kristen
B. Fungsi dan Tujuan Pendidikan Agama Kristen.
C. Landasan Teologis
Bab IV Pelaksanaan Pembelajaran dan Penilaian Pendidikan
Agama Kristen
A. Pendidikan Agama Kristen dan Budi Pekerti sebagai
Kurikulum Nasional
B. Pelaksanaan Kurikulum PAK
C. Pembelajaran PAK
D. Penilaian
E. Lingkup Kompetensi.
F. Program Pembelajaran per Semester.
Bab V Pembahasan Tiap Bab Buku Siswa.
Penjelasan Bab I Bertumbuh dan Semakin Berhikmat
A. Pengantar
B. Pemahaman tentang Remaja
C. Kedewasaan yang Benar
D. Keberanian Bertanggung jawab.
E. Kejujuran
F. Hidup yang Terarah kepada Orang Lain
G. Hidup Berhikmat
H. Penjelasan Bahan Alkitab
Kelas X SMA/SMK
I. Kegiatan Pembelajaran .
J. Penilaian
Penjelasan Bab II Bertumbuh Menuju Kedewasaan yang Benar.
A. Pengantar.
B. Kedewasaan dalam Hidup Sehari-hari
C. Berbagai Ajaran Sesat.
D. Kedewasaan Penuh
E. Penjelasan Bahan Alkitab
F. Kegiatan Pembelajaran
G. Penilaian
Penjelasan Bab III Menjadi Manusia yang Bertanggung
Jawab di Dalam Masyarakat
A. Pengantar
B. Pemahaman tentang Tanggung Jawab di Indonesia
C. Tanggung Jawab sebagai Remaja.
D. Penjelasan Bahan Alkitab
E. Kegiatan Pembelajaran
F. Penutup
G. Penilaian
Penjelasan Bab IV Mengasihi dan Menghasilkan Perubahan
A. Pengantar.
B. Pemahaman tentang khesed dalam Tradisi Yahudi
C. Cinta Kasih = Kesetiaan = Kesediaan untuk Berkorban
D. Cinta Kasih: Kekuatan yang Luar Biasa
E. Cinta Kasih yang Memadamkan Api Permusuhan
F. Penjelasan Bahan Alkitab
G. Kegiatan Pembelajaran
H. Penilaian
Penjelasan Bab V Roh Kudus Membaharui Gereja.
A. Pengantar
B. Reformasi Awal Gereja
C. Penjelasan Bahan Alkitab
D. Kegiatan Pembelajaran
E. Penilaian
Penjelasan Bab VI Hidup dalam Kesetiaan
A. Pengantar.
B. Contoh-contoh Kesetiaan.
C. Kesetiaan yang Keliru
vii Buku Guru Pendidikan Agama Kristen dan Budi Pekerti
D. Penjelasan Bahan Alkitab
E. Kegiatan Pembelajaran
F. Penilaian.
Penjelasan Bab VII Hidup yang Dipimpin oleh Roh
A. Pengantar.
B. Pemahaman Tentang Roh Kudus dalam Pengakuan
Iman Gereja.
C. Pemahaman Tentang Roh Kudus Menurut Alkitab
D. Roh Memberikan Keberanian
E. Roh Memberikan Hidup dalam Kekudusan
F. Penjelasan Bahan Alkitab
G. Kegiatan Pembelajaran
H. Penilaian.
Penjelasan Bab VIII Karya Allah dalam Kepelbagaian
A. Pengantar.
B. Uraian Materi.
C. Penjelasan Bahan Alkitab
D. Kegiatan Pembelajaran
E. Penilaian
Penjelasan Bab IX Anak SMA Boleh Pacaran?.
A. Pengantar.
B. Uraian Materi.
C. Apa Kata Alkitab mengenai Cinta dan Persahabatan?
D. Penjelasan Bahan Alkitab
E. Kegiatan Pembelajaran
F. Penilaian.
Penjelasan Bab X Batas-batas dalam Berpacaran
A. Pengantar.
B. Uraian Materi.
C. Batas-Batas Pacaran menurut Standar Moral Alkitab
D. Cara-Cara Menyatakan Suka kepada Seseorang
E. Ekspresi Rasa Suka dan Cinta yang Sesuai dengan
Ajaran Iman Kristen
F. Beberapa Penyimpangan dalam Masa Pacaran dan
Pergaulan Remaja Masa Kini.
G. Penjelasan Bahan Alkitab
H. Kegiatan Pembelajaran
I. Penilaian.
Penjelasan Bab XI Ras, Etnis, dan Gender
A. Pengantar
B. Pengertian Ras, Etnis, dan Gender
C. Masalah-masalah Sekitar Ras, Etnis, dan Gender
D. Pemahaman Alkitab tentang Ras, Etnis, dan Gender.
E. Sikap Remaja Kristen Terhadap Perbedaan Ras
F. Penjelasan Bahan Alkitab
G. Kegiatan Pembelajaran
H. Penilaian
Penjelasan Bab XII Allah Pembaharu Kehidupan
A. Pengantar.
B. Makna Pembaharuan Bagi Manusia dan Alam Ciptaan Allah
C. Dampak Pembaharuan oleh Allah bagi Orang Percaya
D. Penjelasan Bahan Alkitab
F. Penilaian
Penjelasan Bab XIII Karya Allah dalam Membaharui Kehidupan
A. Pengantar
B. Memahami Makna Karya Allah dalam Membaharui
Kehidupan.
C. Pendalaman Alkitab
D. Hidup Baru Artinya Melakukan Kehendak Allah.
E. Penjelasan Bahan Alkitab.
F. Kegiatan Pembelajaran .
G. Penilaian .
Penjelasan Bab XIV Remaja Kristen sebagai Pelopor Pembaruan.
A. Pengantar.
B. Makna sebagai Pembaharu...
C. Nehemia Membangun Kembali Tembok Kota Yerusalem
D. Menjadi Garam dan Terang Kehidupan
E. Indikator Sebagai Pembaharu Kehidupan Manusia dan Alam.
F. Penjelasan Bahan Alkitab
G. Kegiatan Pembelajaran
H. Penilaian
Demikian yang dapat di sampaikan tentan BUKU PENDIDIKAN KRISTEN DAN BUDI PEKERTI KELAS 10 SMA/SMK KURIKULUM 2013 REVISI 2017, semoga dapat bermanfaat, untik info lebih jelas dan detailnya silahkan download terima kasih.
x